About Me

Anda Pengunjung Ke


Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selasa, 26 April 2011
Pemerintah sama sekali tidak mengurangi kuota jamaah haji tahun 2011. "Pemotongan kuota apa? Tidak ada pemotongan," ujar Menteri Agama Suryadharma Ali.
 
Penegasan itu disampaikan untuk menanggapi isu yang beredar di masyarakat me ngenai adanya pengurangan kuota haji. Dijelaskan Menag, pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan kuota dan memberikannya kepada provinsi. Setelah itu, gubernur membagi kuota tersebut ke kabupaten/ kota. "Pembagian itu dilakukan berdasarkan jumlah penduduk, yaitu satu per seribu," kata Menag kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Jumlah penduduk Indonesia saat ini sekitar 237 juta jiwa. Satu per seribunya adalah 237 ribu. Namun kenyataannya, kuota untuk penduduk Indonesia hanya 211 ribu jamaah. Kuota nasionalnya saja, kata Menag, sudah tidak sesuai dengan perhitungan berdasarkan jumlah penduduk. Otomatis dari kabupaten/kota pun seperti itu.
"Mungkin dari situ mereka berpikir ada pemotongan jumlah jamaah haji yang akan berangkat. Yang menentukan kuota itu kan Pemerintah Arab Saudi."


Dalam hal ini, Kementerian Agama (Kemenag) telah meminta penambahan kuota jamaah haji Indonesia kepada Pemerintah Arab Saudi. Permintaan ini diajukan mengingat terus bertambahnya jumlah penduduk In donesia yang ingin berhaji.
Pemerintah Arab Saudi pun, kata Menag, sedang mempertimbangkan hal itu. Bukannya tidak mau, lanjutnya, Saudi juga mempunyai keterbatasan pelayanan bagi jutaan jamaah haji yang datang dari berbagai negara. 

Tapi, luas padang Arafahnya kan tetap segitu-segitu saja. Luas Mina juga tidak bertambah. Itu yang mereka maksud dengan kemampuan pelayanan.
Jika permohonan ini dikabulkan oleh Pemerintah Arab Saudi, lanjut Menag, mungkin akan ada penambahan kuota jamaah haji. Ia berharap, dalam dua bulan ke depan sudah ada kepastian soal jumlah kuota haji, apakah ada penambahan atau tidak. Lihat Sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

PETUGAS SHALAT JUM'AT

JADUAL PETUGAS SHALAT JUM'AT MASJID AL-FADHILLAH KEMENAG KAB. KARAWANG
Tanggal : 29 April 2011

KHOTIB/IMAM : Drs. H. Abdul Kodir

MUADZIN : Wowo Komar Tohidi

Sumber : DKM Al-Fadhillah

INFO HAJI

Pendaftaran Calon Haji Kabupaten Karawang sampai dengan tanggal 26 April 2011
sebanyak 10605 jemaah.

Data Pendaftaran Calhaj Tahun 2016 tgl. 26-4-2011
Kuota : 1849 org
- Daftar : 1360 org
- Sisa Kuota : 489 org

Panduan Haji